Rabu, 27 Oktober 2010

MEMPERBAIKI JARINGAN LISTRIK

Beberapa waktu terakhir ini diberitakan banyak orang tersengat aliran listrik. Korban sengatan listrik ini sebagian meninggal dunia. Sementara banyak kebakaran timbul ditengarai akibat konsleting listrik. Ada beberapa sebab mengapa hal ini terjadi. Disamping kecerobohan pelanggan listrik memasang instalasi, pemakaian beban berlebih, juga karena jaringan listrik tegangan tinggi rawan bahaya.

Kabel listrik tegangan tinggi di jalur antar tiang listrik untuk disambungkan ke rumah banyak yang berupa kabel tembaga terbuka. Sehingga jika ada pohon atau orang bekerja di dekatnya, mudah menghantarkan setrum. Kabel ini juga rawan menimbulkan arus pendek akibat benang layang-layang yang menyangkut kabel. Ini sangat membahayakan.

PLN perlu segera mengganti kabel-kebel terbuka ini dengan kabel berbungkus plastik. Di samping itu perlu juga dilakuakan sidak dan pengecekan berkala terhadap konsumen listrik terhadap instalasi dalam rumah. Selain mencegah terjadinya hubungan arus pendek, ini juga mengurangi pencurian arus listrik. Agar keselamatan pelanggan lebih terjamin, PLN pun untung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar