Senin, 14 Maret 2011

Listrik murah untuk industri kecil

Setelah sukses menggelar pemasangan satu juta sambungan baru pada hari listrik nasional, kini PLN meluncurkan program tambah daya gratis bagi rumah tangga ber KVA 450-900 ke daya lebih tinggi. Kelebihan pasokan listrik dan trend konsumsi rumah tangga yang meningkat, menjadi salah satu dasar pertimbangannnya.

Program ini bisa lebih bermanfaat bila diperuntukkan bagi industri kecil. Industri skala rumah tangga masih banyak yang perlu tambahan daya untuk meningkatkan produktivitasnya. Selain pemberian paket gratis tambah daya, tarif listrik untuk industri kecil juga perlu diberi insentif, berupa keringanan TDL. Sehingga daya saingnya semakin baik. Dengan pelayanana ini, akan merangsang tumbuhnya industri-industri kecil yang akan menghidupkan perekonomian dan menyerap tenaga kerja.
Pada waktunya nanti, setelah industri kecil dinilai mapan dan mampu bersaing, TDLnya menyesuaikan. Sedang untuk industri menengah dan besar tarif dasarnya sesuai harga pasar. Sehingga subsidi listrik tidak salah alamat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar