Rabu, 16 Maret 2011

Wikeleaks untuk bongkar korupsi

Wikeleaks terus menebar sensasi. Setelah heboh membongkar dokumen rahasia di berbagai negara, belakangan bocoran pembobolan kawat diplomatik AS terkait isu di tanah air diupload. Meski isi berita bocoran kawat tersebut dikabarkan masih mentah dan lebih banyak bersifat bohong, namun kita bisa mengambil manfaatnya.

Sulitnya menyeret dan membuktikan koruptor karena kelihaian pelaku menyembunyikan bukti, serta kemungkinan adanya transaksi pencucian uang hasil korupsinya, maka Indonesia perlu tenaga handal untuk membongkarnya. Salah satunya memanfaatkan jasa wikeleaks. Dengan menggandeng untuk membongkar dokumen para koruptor, kerja penegak hukum kita semakin mudah. Transaksi-transaksi mencurigakan yang ditengarai hasil korupsi dapat diketahui.

Tentunya harus dibuat perjanjian, agar wikeleaks tidak sebarang mengupload hasil temuan, sebelum koruptor divonis pengadilan. Agar koruptor tidak menghilangkan barang bukti. Selain itu penegakan hukum tidak akan tebang pilih lagi. Semua data yang ditengarai hasil korupsi diserahkan kepada penegak hukum independen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar