Rabu, 30 Maret 2011

Parents Day di Sekolah

Kini sekolah seperti menjadi satu-satunya tumpuan orang tua untuk mendidik putra-putrinya. Mereka sudah pasrah bongkokan, menyerahkan masa depan anaknya kepada guru. Karena kesibukan, hampir tidak ada waktu mengawasi, mendidik, berkomunikasi intensif atau sekedar curhat dengan putranya. Akibatnya, anak merasa diabaikan dan mencari pelarian. Sering para orang tua terkejut mendengar laporan kenakalan putranya. Padahal sepengetahuan mereka, kelakuan putra-putrinya di rumah sangat baik.

Sementara guru sudah berusaha semaksimal mungkin mendidik siswanya untuk menjadi yang terbaik. Tidak hanya membekali ilmu, tetapi juga moral, budi pekerti serta iman dan taqwa. Namun tanpa dukungan dan perhatian orang tua, hasilnya tidak optimal. Anak-anak bisa salah pergaulan dan berbuat negatif. Tidak itu saja, kadang sekolah juga kewalahan membina siswanya.

Untuk itu perlu kerja sama sinergis antara sekolah dengan orang tua dengan membuat program parents day. Mengundang orang tua secara periodik dan bergiliran ke sekolah untuk melihat perkembangan putranya. Dalam satu hari mengamati kegiatan anaknya. Sehingga orang tua lebih perhatian dan tahu sendiri aktivitas putranya. Berkonsultasi dengan guru mencari solusi terbaik. Orang tua juga tidak akan merasa diundang ke sekolah hanya karena anaknya bermasalah atau diajak musyawarah menentukan besarnya sumbangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar