Selasa, 11 Januari 2011

PERTUKARAN GURU NEGERI SWASTA

Pendidikan Indonesia sangat terbantu sekolah swasta. Keberadaannya tidak hanya menampung anak-anak yang tidak bisa belajar di sekolah negeri, tetapi juga membuka lapangan pekerjaan. Namun demikian, banyak sekolah swasta masih belum bisa memberikan kesejahteraan layak bagi guru dan karyawannya. Penempatan guru PNS di sekolah swasta sangat membantu eksistensi sekolah swasta.

Wacana penarikan guru PNS dari sekolah swasta akan memberatkan yayasan. Jika ada keharusan guru PNS harus bekerja di sekolah negeri, ada baiknya rencana kebijakan ini ditinjau ulang. Selain menambah beban sekolah swasta, keberadaan guru PNS bisa meberi keuntungan ganda. Memberi pelayanan pendidikan untuk semua serta memberi kesempatan guru PNS yang sudah bersertifikasi memenuhi jam mengajar minimal 24 jam.

Karena saat ini banyak guru PNS penerima tunjangan profesi pendidik (TPP) yang jam mengajarnya kurang dari 24 jam dan terpaksa mengajar dengan team teaching. Yang kurang jam bisa menambah mengajar di sekolah swasta. Perlu juga diprogramkan pertukaran guru negeri swasta dalam bentuk tugas belajar. Agar terjadi peningkatan kualitan guru dan sharing pengalaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar