Rabu, 26 Januari 2011

SOAL UJIAN NASIONAL 5 PAKET

Satu lagi usaha melaksanakan ujian nasional dengan jujur. Tidak cukup dengan pengawas silang dan sistem keamanan soal berlapis, soal ujian nasional yang biasanya dalam satu kelas dua paket, kini rencananya dibuat paket. Begita kabar yang sy terima. Belum jelas model 5 pakelt tersebut. Apa keliamnya sama Cuma nomornya di acak atau kelimanya benar-benar berbeda.

Yang jelas ini langkah positif agar pelaksanaan ujian nasional sesuai harapan. Usaha perjokian dengan model apapun diharapkan minimal. Syakur hilang. Jangan sampai usaha ini nantinya masih digembosi. Tidak ada gunanya formula nilai kelulusan dan paket soal berbeda berapapun jenisnya jika upaya melahirkan lulusan sekolah berkualitas terus menerus diganggu.

Kalau saja nantunya masih ada usaha kecurangan, ada baiknya soal ujian nasional dibut 20 paket. Tidak perlu banyak pengawas, tim pemantau atau satgas unas. Jika ada kemauan pasti ada jalan. Yang penting siswa siap lebih dini dan belajar mandiri. Bukan membentuk konspirasi, menyiasati unas dengan cara culas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar