Kamis, 06 Januari 2011

SANTRI MENGAJAR DI SEKOLAH

Ketika sekolah swasta belum ada bantuan BOS (Bantuan Operasional Sekolah), sekolah mampu survive dengan biaya mandiri. Mulai biaya operasional hingga menggaji gurunya. Tidak jarang kesejahteraan guru swasta melebihi gaji guru PNS. Sehingga ada atau tidak ada guru PNS, sekolah swasta sebenarnya mampu bersaing dan berprestasi.
Adanya guru PNS memang cukup membantu.Tetapi tanpa guru PNS sekolah swasta mempunyai peran ganda. Kompetitor positif bagi sekolah negeri dan menampung lulusan PT calon guru. Malahan guru swasta dari sekolah berbasis pesantren atau santri terpilih bisa membantu mengajar di sekolah negeri.

Minimnya jam pelajaran agama dan dekadensi moral anak dapat diperbaiki dengan guru dari kalangan pesantren. Menciptakan suasana sekolah semakin religius. Dengan pendidikan agama lebih intensif dapat menciptakan karakter anak berakhlaqul karimah. Santri berstatus guru swasta diperbantukan di sekolah negeri ini juga diberi gaji layak. Bukti sekolah swasta bisa membantu, tidak harus dibantu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar