Rabu, 01 September 2010

Bagaimana menjelaskan arti senggama bagi anak kecil?

SUSAHNYA MENJAWAB PERTANYAAN ANAK KECIL

Anda tentu ingat syair lagu BIMBO ”Anak bertanya pada Bapak”. Bimbo mennggambarkan sosok ayah bijak . Mampu menjawab pertanyaan yang mudah dimengerti anak.
Nah ini beda dengan saya Anak saya yang masih duduk di kelas 2 MI, memang termasuk ana yang kreatif dan kritis. Sesuatu yang ia belum jelas pasti ia tanyakan hingga ia merasa faham dan menyerah dengan jawaban yang ia kejar. Seperti kemarin itu. Kalau Bimbi menjawan pertanyan seorang terkait agama, anak saya juga sama. Cuma bedanyam yang ditanyakan secara tidak langsung berkaian dengan sex.
Bagaimana tidak. Ketika di masjid ia ikut2an nimbrung dengan anak lain yang minta tanda tangan pak kyai. Kira2 sambil nunggu/setelah bukunya ditandatangani, anak saya buka2 buku tersebut. Dalam bku itu ada materi terkait hal ikhwal puasa. Termasuk yang makruh dilakukan dan yang membatalkan selama puasa ramadan.
Sepulangnya ia bertanya kepada mamanya, tentang buku yang dibaca. Tak disangka yang ditanyakan termasuk hal sulit dijelaskan untuk anak seumur 8 tahun. Tidak itu saja, karena dalam buku yang ia baca ada pernyataan bahwa makhruh bagi suami istri berciuman., ketika saya dan istri saya duduk berdekatan, ia langsung nyeletuk.
”Ayah, ayo jangan dekat sama mama. Makruh itu”
Kaget juga saya mendengar itu.
”lho kenapa makruh, mama kan istri ayah. Ayah kan sayang mama” Sambil berkata begitu saya mencium istri saya”
”Lho2, ayah ini gimana. Mencium istrinya itu makhruh. Masak pak guru kok tidak tahu”.
Saya terus mencoba menintervie , bagaimana anak saya ini kok bisa berkata seperti itu. Sementara istri saya membisiki teinga saya.
”Yah, adik tadi banyak tanya. Apa itu nifas dll, dan itu lho. Mama nggak bisa njawab waktu ditanya Apa arti senggama. Mama jawab saja mama lupa. Coba kalo adik nanti bertanya ke ayah . Bagaimana jawaban ayah.?.
Saya tersenyum juga mendengar penjelasan istri saya.
Saya sendiri sampai ngetik ini juga belum menemukan jawaban yang pas untuk si kecil. Kalau ditanya apa senggama itu. Kalau bagaimana senggama gitu ya paham betul he...he..... Untuk si kecil kalau ketemu nggak sempat tanya. Mungkin yang membaca tulisan ini bisa membantu memberi jawaban yang pas buat si kecil, apakah senggama itu?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar