Sabtu, 04 September 2010

SMS PENIPU

Belakangan ini marak terjadi penipuan via SMS. Jika beberapa waktu lalu penipuan sms banyak menjanjikan hadiah besar seperti mobil, uang, dsb, atau kita disuruh mentransfer sejumlah uang karena ada anak atau famili kita terkena musibah. Yang ternyata itu bohong semua. Kini muncul lagi SMS tipu-tipu.
Sebenarnya sih, nilai kecil. Kita cuma disuruh mengisi pulsa pada nomor yang ia kirim. 50 rb, 25 rb atau 20 rb. Pintarnya si penipu, jika kita ini laki-laki beristri, sms yang ia kirim pura2 berasal dari istri kita. Contoh sms sepeerti ini :
”Belikan dulu mama pulsa simpati 50 rb di no mama yang baru. Ini no nya 081226052833 secepatnya yah penting. Soalnya mama lg ada masalah, ini Cuma pinjam hpnya org. SMS pengirim 06281998082475”
Sebaliknya jika yg ia kirim seorang wanita bersuami kalimatnya seolah2 dari suaminya. Simak sms berikut :
”Belikan ayah pulsa secepatnya, penting. 20 ribu. Soalnya ayah lagi ada masalh. Ini no hp mama yang baru 0628121........ Secepatnya ya , ayah ada di kantor polisi. Ini pinjam hp orang. Jangan telp aao sms, nanti ayah yang telpon.”
Kadang pula yang ngirim pura2 sebagai anak atauo famili di tempat jauh.
Sy, istri saya, teman dan ada orang yang kebetulan ketemu di counter, adalah orang2 yang dikirimi sms penipuan tersebut. Supaya dikira penting, smsnya dikirim beberapa kali..
Tetapi bodohnya si pengirim, ia pasti tidak tahu persis posisi suami istri yang ia kirim. Lha wong saya dan istri saya sedang berduaan kok dikirimi sms model gitu. Jelas sy dan istri tertawa. Penipu ngawur!
Oleh karena ini kita harus hati2 terhadap sms2 yang tidak jelas pengirim dan maksudnya. Meski nilainya kecil, toh jika dikumpulkan hasilnya banyak juga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar