Jumat, 17 September 2010

SIDAK JANGAN CUMA GERTAK SAMBAL

Kedisiplinan PNS menjadi sorotan masyarakat. Tidak hanya pasca lebaran, tetapi sehari-hari sering dijumpai PNS yang tidak melakukan aktivitas kedinasan. Pemberlakuan PP no 53 tahun 2010 tentang kedisiplinan PNS yang baru saja disosialisasikan nampaknya belum mendapat respon positif.

Ini mudah dilihat dari kehadiran PNS pada hari pertama masuk usai Idul Fitri. Banyak yang tidak masuk kerja. Kebiasaan titip tanda tangan dan ijin tanpa keterangan yang jelas menjadi budaya. Sehingga ketika dilakukan sidak pun para PNS ini menanggapinya dengan santai-santai saja. Sanksi dianggap gertak sambal.

Hal ini dimungkinkan karena mereka melihat pada tahun sebelumnya serta rekan kerja lain di luar hari raya yang sering melanggar kedisiplinan tidak mendapat sanksi tegas. Surat peringatan sepertinya dianggap surat cinta. Oleh karena itu jika ingin menegakkan kedisiplinan, sanksi yang diutarakan tidak untuk gertak sambal. Sidak jangan hanya ramai usai lebaran. Sidak setiap saat dan memberlakukan peraturan tanpa pilih kasih menjadi kunci profesionalitas PNS. Sidak juga jangan hanya untuk bawahan. Para pimpinan juga perlu disidak. Siapa tahu mereka malah lebih banyak bolosnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar