Rabu, 08 September 2010

Menghapus buta agama dan buta hati

Hari aksara 8 September ini bertepatan dengan bulan Ramadan. Bulan diturunkannya wahyu pertama kepada Nabi Muhammad SAW dengan perintah membaca, Iqra’. Inilah momentum tepat bagi seluruh bangsa untuk menjadikan membaca sebagai media utama mencerdaskan anak bangsa sekaligus mendidik budi pekertinya.

Untuk itu anak-anak perlu dirangsang semangat membaca. Selain menyediakan taman baca, memberi kenangan terindah di hari istimewa akan memberi kesan mendalam. Dan di Idul Fitri inilah saatnya. Kalau biasanya anak-anak diberi uang saku lebaran, kali ini anak-anak sesekali diberi hadiah buku.

Buku yang diberikan seyogyanya terkait dengan agama atau yang mengandung pendidikan budi pekerti. Sehingga Idul Fitri 4031 H ini menjadi langkah awal dalam pendidikan karakter yang dimulai dari keluarga. Agar hari aksara tidak hanya membebaskan orang dari buta huruf. Tetapi juga menghapus buta agama, buta hati, buta moral dan buta susila. Kelak anak-anak menjadi anak cerdas, bermoral, dan tajam hati nuraninya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar