Selasa, 07 September 2010

ZAKAT LINTAS WILAYAH

Saat ini masa pengumpulan zakat kian giat digalakkan. Baik zakat mal (harta benda) maupun zakat fitrah. Sejalan perekonomian yang semakin baik, nilai zakat yang terkumpul juga semakin besar. Malah ada panitia zakat yang bingung menyalurkan zakatnya, karena di daerahnya jarang dijumpai fakir miskin. Sementara di tempat lain, zakat yang terkumpul tidak mencukupi untuk dibagikan kepada penerima zakat.
Perlu kerja sama sinergis antar panitia zakat daerah satu dengan yang lain. Daerah yang surplus bisa didistribusikan ke daerah yang minus. Dengan demikian mereka yang kekurangan bisa memperoleh zakat yang memadai. Jangan sampai ada sisa zakat yang menumpuk di panitia hingga usainya Idul Fitri.
Peruntukannya perlu skala prioritas. Diutamakan fakir miskin dan sabilillah. Termasuk di dalamnya guru-guru madrasah dan guru swasta bergaji minim.. Karena pendapatan rutin mereka setiap bulan tidak cukup untuk hidup layak. Bahkan tidak digaji. Hanya mendapat sekedar imbalan yang cukup untuk beli sabun dan sedikit beras.Semoga di Hari Raya Idul Fitri 1431 mereka bisa ikut merayakannya. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar