Selasa, 07 Desember 2010

BANJIR MALAM 1 SURO







Musim tahun ini benar-benar tidak bisa diduga. Boleh dikata, tahun tanpa kemarau. Dalam satu tahun ini mungkin hanya sekitar tiga minggu tanpa hujan pada akhir Juli hingga awal Agustus. Selebihnya hari-hari dihiasi hujan. Hujan datang tanpa bisa diterka. Pagi terang benderang dan panas, siang mendadak hujan.

Hujan tahun ini pun lain dari hujan tahun lalu. Banyak hujan yang dibarengi angin kencang dan petir. Air yang dicurahkan dari langit juga lebih dari biasanya, deras sekali. Seperti yang terjadi kemarin siang hingga sore.

Menjelang pergantian tahun baru Islam 1 Muharram/Suro, sejak pukul 12.30 hujan turun sangat lebat. Masih lumayan hujan kali ini tidak banyak petir dan tenang. Hujan pun berlangsung berjam-jam. Jalan raya jurusan Madiun-Ponoroo tidak sedikit yang tergenang. Para pengendara harus berjalan pelan. Ada juga mobil yang mogok. Mesinnya kemasukan air ketika melintas jalan yang tergenang air setinggi lutut.

Bahkan, di desa saya di Krandegan, kec Kebonsari Madiun. Hujan kali ini termasuk hujan paling deras selama jangka waktu 20 tahun terkahir. Dukuh Kradegan terendam banjir. Air kiriman dari atas meluap dan menggenangi kebun, sawah, jalan,dan masuk ke dalam rumah. Ada pagar yang ambruk tergerus air, tanaman padi yang baru ditanam dan diberi pupuk terbenan dan mungkin hanyut terbawa arus. Menurut penduduk asli, kejadian seperti ini terakhir sekitar 20 tahun lalu.

Nampaknya ini adalah berkah dari yang kuasa. Menjelang 1 Suro, diharapka manusia bertafakur. Merenung, berinstroskpeksi diri di rumah. Bermunajat agar diber ampunan di tahun lalu dan berdoa untuk kebaikan satu tahun ke depan. Karena kebiasaan malam suro banyak yang memperigatinya dengan berhura-hura, dengan diberi hujan lebat ini kemaksiatan bisa berkurang. Meski hujan mendatangkan kerugian, ini hanya sebagai peringatan. Saatnya manusia selalu mawas diri dan beribadah lebih baik demi kemashlahatan manusia itu sendiri.

video

3 komentar:

  1. Weh mantep index britane... up to date...
    salam bloger madiun pak Abdul...saking blogger sebelah hehehhe

    BalasHapus
  2. Weh mantep index britane... up to date...
    salam bloger madiun pak Abdul...saking blogger sebelah hehehhe

    BalasHapus
  3. jarene kreteg bonsari ambrol om... kreteg ngendi kuwi... mBinowo kah....? cedak omahe Nanang Susilo Budi (Nanang) utowo cedak omahe Tutik Susilowati (Susi).....

    BalasHapus