Kamis, 30 Desember 2010

Klasifikasi soal unas 2011

Gong unas 2011 sudah ditabuh. Berpedoman uji statistik terhadap rapor dari sekolah terakreditasi berbeda, formula dan syarat kelulusan telah ditetapkan. Nilai kelulusan = 0,6x + 0,4 y. Dengan x nilai unas dan y nilai sekolah. Batas nilai kelulusan 5,50. Formula ini memang menampung asas komprehensif dan kontinuitas. Namun demikian masih perlu tinjuauan terhadap bobot soal unas.

Perbedaan standar pendidikan nasional di daerah tentunya dapat dijadikan pertimbangan dalam pembuatan soal. Jangan sampai tingkat kesulitan soal disamaratakan. Sangat naif jika sekolah dengan pelayanan pendidikan masih rendah harus mengerjakan soal berbobot sama untuk sekolah maju.

Jika untuk penentuan formula kelulusan didasarkan kualifikasi sekolah terakreditasi beda, soal unas juga perlu demikian. Menggunakan pemetaan hasil unas 2010, daerah yang tingkat kelulusannya rendah karena fasilitas dan pelayanannya belum memadahi, tingkat kesulitan soalnya dibuat lebih rendah dibanding yang lain. Kode harus beda demi kejujuran, tetapi bobot soal harus berkeadilan sesuai kondisi siswa dan daerah. Agar formula kelulusan tidak menjadi bumerang dan kontraproduktif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar