Kamis, 09 Desember 2010

HARI ANTI KORUPSI SEDUNIA

Hukuman Mati Bagi Koruptor
9 Desember merupakan hari anti korupsi sedunia. Kita akan menunggu, di rangking berapa Indonesia diposisikan sebagai negara terkorup. Sulitnya menghilangkan korupsi di tanah air, bukan saja karena mentalitas aparatur saja. Tetapi masyarakat sendiri mempunyai andil membudayakannya. Suap menyuap, memberi uang pelicin, sekedar tips, atau ucapan terima kasih dalam bentuk amplop, membuat menghilangkan penyakit korupsi seperti membersihkan rumput di tanah lapang. Begitu satu bagian dicabut yang lain tumbuh lagi.
Perlu gerakan bersama agar korupsi terkikis hingga akarnya. Rendahnya hukuman membuat pelaku koruptor tidak jera. Kita dapat meniru negara lain, seperti Cina atau Jepang yang memberi sanksi hukum dan sanksi moral tinggi terhadap koruptor. Hukuman mati layak diberikan kepada koruptor.
Jika ditetapkan, hukuman pun harus segera dilaksanakan. Tidak mengulur-ulur waktu, hingga terdakwa mengajukan keringanan hukuman. Hukumanpu akhirnya diperingan, bahkan bisa melengang bebas. Koruptor pun tidak jera, sementara masyarakat harus menanggung kerugian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar