Selasa, 28 Desember 2010

Libur sekolah belajar hidup di kampung

Dalam sepekan ke depan anak-anak sekolah libur. Seperti biasa, pada masa liburan sekolah-sekolah memprogramkan kegiatan khusus. Tamasya, berkemah atau melaksanakan program sekolah dalam bentuk pelatihan kepemimpinan ataupun out bound.
Program itu dapat juga dikemas dengan berbagai versi. Salah satunya mengajak siswa hidup bersama masyarakat di pedesaan, terutama bagi anak-anak kota. Seperti program Kuliah Kerja Nyata para mahasiswa. Dengan mengajak anak-anak hidup bersama masyarakat di desa, mereka dapat merasakan kehidupan masyarakat yang sederhana dan masih menjunjung tinggi semangat gotong royong.
Di desa, anak-anak juga dapat mererapkan ilmu yang biasanya hanya dibaca lewat buku. Termasuk juga memberi bantuan bagi masyarakat desa yang memerlukan. Menjalin persahabatan dengan anak desa agar tercipta jaringan pengetahuan antar siswa desa-kota. Sehingga sepulang melaksanakan program akan terbentuk karakter anak yang baik. Berlibur sambil belajar dengan biaya murah dan membawa kemanfaatan bagi perkembangan jiwanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar