Minggu, 20 Desember 2009

GOPEK UNTUK PRITA YANG LAIN

Hari kesetiakwanan sosial kali ini ditandai dengan berbagai moment penting. Selain dijadikan hari peduli buat para tuna grahita, hari ini ada penyerahan secara simbolis koin hasil penggalangan dana buat prita. Lebih 650 juta terkumpul. Penyerahannyapun dilakukan berbarengan dengan konser musik. Hebat.

Buat apa koin sebanyak itu? Apa semuanya buat Prita? Bukankah denda perdata 200 jt lebih telah dibatalkan? Sampai saat ini saya belum baca tentang peruntukan koin itu. Malah panitia atau entah apa yang menggalang koin itu merasa kerepotan sendiri untuk membawa berton2 koin itu. Kalaupun mau ditukarkan ke bank, beberapa bank tidak mau menerima. Kuatir dikira memihak ke salah satu pihak yang bersengketa. Meski pada akhirnya BI akan memfasilitasinya.

Menurut saya, dari pada repot2 menukarkan koin, ada baiknya koin yang terkumpul itu kembali diberikan kepada orang2 yang nasibnya lebih buruk dari Prita. Buruk bukan karena bersengketa. Tapi memang kondisi sehari2 memang layak untuk disantuni. Koin untuk Prita akan lebih bermanfaat buat Prita2 lain yang banyak membutuhkan uluran tangan.Baca Jawa Pos edisi Sabtu, 19 Desember 2009.Gopek Untuk Prita-Prita Lain

Demam penggalangan koin buat prita jadi tonggak bangkitnya kepedulian dengan sesama. Kepedulian yang tak perlu dimobilisir. Kepedulian yang tumbuh dari dalam kita sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar