Sabtu, 12 Desember 2009

OPEN CLASS

Hari ini sekolah saya kedatangan tamu. Para kepasa sekolah SMP di kabupaten Madiun. Beliau berkunjung untuk merasakan bagian Lesson Study. Utamanya pada DO dan See. Para tamu ini ingin mencoba melakukan observasi selama open class dan melaksanakan refleksi. Sedangkan RPP dan guru modelnya dari SMPN 1 Dolopo, saya sendiri. Yaa, nggak apalah. Merancang dan jadi guru model.
Saya berusaha menikmati jadi guru model. Tapi yang namanya dilihat banyak orang, perasaan grogi masih ada dalam diri saya. Proses DO pun berlangsung lancar. Meski RPP yang saya rancang tidak berjalan dengan sempurna, akhirnya hari itu saya bisa melaksankan tugas dengan lancar. Lancar tersendat. Maklum anak2 juga nervous dilihat banyak orang. Lha womg gurunya saja iya.
Kalau biasanya ngajar dengan santai, dengan sedikit mengajar gaya ancur, kali ini dituntut ngajar secara runtut, sesuai pakem.
Tapi yaa nggak apa2, kita ini kan disuruh belajar hidup sesuai aturan. Tapi aturan dibuat kan untuk dilanggar he...he...he....
Seperti biasa waktu refleksi guru model menyampaikan refleksi dirinya sendiri dan mendengarkan hasil observasi para pengamat.
Lagi2, meski gudel (guru model) sebenarnya bukan dalam posisi terdakwa. Tapi rasanya hampir semua komentar menghakimi gudel. Hakim kok ya dihakimi. Nggak apalah sekali2 hakim jadi terdakwa. Untung saja ada yang masih memberikan nilai2 plus bagi gudel. Bisa nyenangkan hati orang itu kan dpat pahala.
3 jam lebih acara berlangsung, kalau ngak mau jumatan pasti acanya molor. Kita2 ini juga senang yang molor2.
Yang pasti hari ini saya dapat pengalaman berharga dari semua yang hadir. dan minimal diberi uang saku....eh uang transport....eh honor. Nggak tahulah... Saya disuruh tandatangan dan dapat amplop. Lumayan... Ngajar kok yaa diberi amplop. Apa mereka kasihan sama saya ya. Apa wajah saya perlu dikasihani....
Ah.. positif tinkhing saja laah ....
Mungkin kegiatan kunjungan ini bagian dari proyek....... Dan saya kecipratan!!
Alhamdulillah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar