Rabu, 16 Desember 2009

HAJI MABRUR

Sabtu malam kemarin, rombongan haji kab Madiun kembali ke tanah air. Perasaan haru menyelimuti keluarga dan rombongan haji yang menjemput di alon2 madiun. Setiba di rumah, sanak saudara dan tetangga menyambut dengan gembira. Tamu2pun silih berganti berdatangan mengucapkan selamat dan mengharap berkah doa.Doa mustajab dari para jamaah haji yang baru pulang. Doa yang makbul hingga 40 hari setiba di rumah. Bukan mengharap oleh2 sajadah, tasbih, peci, serban, kacang arab, kismis atau kurma. Kita2 yang datang hanya bisa berharap, kelak kita bisa menunaikan ibadah haji seperti mereka. Pergi ke tanah suci, mendekatkan diri ke baitulloh. menyempurnakan rukun Islam, menjadi haji mabrur. Kemabruran yang bisa mengubah perilaku para jamaah haji untuk hidup lebih baik dari sebelunya. Meninggalkan yang mungkar, mengajak dan menegakkan kebenaran. Bukan cuma menjadi haji mabur, haji terbang. Berangkat dan pulang mabur/terbang dengan pesawat terbang. Sepulang dari tanah suci perilakunya tak mencerminkan amar ma'ruf nahi munkar.
Jaminan surga bagi haji mabrur setidaknya menjadi pemacu bagi orang yang pergi haji. Haji bukan untuk menambah gelar di depan nama. Haji bukan kegiatan ceremony yang dilihat massa. Haji bukan untuk merubah image, bahwa dirinya kaya dan paling sempurna islamnya.
Haji adalah salah satu kegiatan ibadah yang menjadikan manusia untuk semakin dekat dengan yang Kuasa. Memasrahkan diri di hadapannya. Mengambil teladan dari perjuangan para nabi yang membawa ajaran tauhid di muka bumi.
Haji ke tanah suci tidak murah. Perlu bekal dan persiapan mental. Bekal untuk berangkat dan bekal bagi yang ditinggalkan. Karna pergi haji ke tanah suci memang untuk yang mampu. Kita pun bisa haji tanpa ke mekkah. Baca saja bukunya Agus Mustofa terbitan Padma Surabaya (bukan promosi lho). Haji bagi mereka2 yang secara ekonomi tidak mampu membeli tiket pesawat. Sesungguhnya Islam adalah agama yang mudah. Tidak memberatkan bagi pemeluknya. Islam adalah agama rahmatal lil'alamiina.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar