Minggu, 27 Juni 2010

HITAM KALAHKAN PUTIH

Ghana berhasil membuyarkan impian Amerika Serikat untuk lolos ke perempat final. Meski Donovan sempat menyamakan kedudukan lewat penalti dan memaksa perpanjangan waktu, akhirnya Ghana memecah kebuntuan dan mencipta gol di awal perpanjangan waktu pertama oleh Asamoah Gyan. Setelah gol itu tercipta pertandingan semakin seru. Kedua tim silih berganti menyerang. Amerika yang sering memperoleh keberuntungan di menit-menit akhir, mencoba menggedor pertahanan Ghana.

Namun Ghana yang menjadi satu-satu negara Afrika yang lolos tidak tinggal diam. Semangat tinggi dan permainan lugas diperagakan. Pertandingan yang mirip menggambarkan permainan dua warna, hitam putih ini menarik ditonton. Ghana kelihatan ingin menghapus anggapan, bahwa orang kulit hitam sering kalah oleh orang kulit putih.

Hingga akhir babak perpanjangan akhirnya Ghana mampu mempertahankan keunggulanya 2-1. Ghana lolos perempat final, dan akan mengahadapai Uruguay. Menghadapai Uruguay, bukan tidak mungkin Ghana akan membuat kejutan. Sekali lagi semangat Afrika dan nasionalisme para pemain hitam diyakini akan menjadi motivasi tersendiri. Sejarah sepak bola Uruguay boleh lebih baik. Tetapi keinginan Ghana mencetak sejarah sebagai tim Afrika pertama yang masuk semifinal akan membangkitkan energi tersendiri. Akankah yang hitam akan mengalahkan putih lagi?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar