Sabtu, 19 Juni 2010

PERANG NEGERI PENJAJAH

Apa yang menarik pada pertandingan Belanda vs Jepang? Yang pasti kedua tim sudah mengalahkan lawan-lawan mereka di pertandingan perdana. Kedua tim pasti ngotot memetik kemenangan untuk memastikan satu tempat di babak perdelapan final.
Kalau akhirnya Belanda unggul 1-0 atas Jepang itu memang sudah wajar. Dengan sejarah panjang dalam piala dunia, Belanda jelas-jelas unggul.
Selain itu kalau di tengok dalam sejarah kolonialisme, Belanda jelas-jelas jagonya. Makanya dalam pertandingan ini banyak yang menajgokan Belanda. Mungkin kalau orang Indonesia menjagokan Belanda, itu memang karena Indonesia terlalu lama dijajah Belanda. Coba kalau Jepang lebih lama menjajah, orang indonesia banyak yang menjagokan Jepang. Kira2 nyambung ndak yaa hubungan antara sepakbola dan penjajah.
Yang jelas, sebagai negeri bekas jajahan Belanda dan Jepang, kita patut meniru semangat kedua negara. Belanda yang negerinya di bawh aor laut saja aman dari banjir, sedang kita yang daerahnya berada di atas permukaan laut banyak yang kebanjiran.
Jepang yang sumber daya alamnya minim, mampu mencipta maha karya di berbagai bidang. Dan Sepakbolanya maju.
Kita orannya berjuta-juta, mencari 11 orang yang bisa main sepakbola dengan baik, sulitnya minta ampun. Apa kita minta dijajah lagi oleh Belanda atau Jepang saja yaa?? tanya saja pada tokek!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar