Rabu, 16 Juni 2010

LISTRIK GRATIS TIDAK MENDIDIK

Rencana PLN menaikkan Tarif Dasar Listrik (TDL) kian menimbulkan reaksi. Nilai positifnya, banyak pihak semakin peduli dengan listrik. Baik kemanfaatan dan prospek masa depannya. Formula kenaikannya juga belum final. Yang teranyar ada wacana listrik gratis bagi keluarga miskin. Keluarga miskin yang identik dengan listrik berdaya 450 VA.
Namun, gagasan listrik gratis ini mempunyai konsekuensi, semakin tingginya kenaikan pada daya lain. Padahal pemakai daya tinggi tidak semuanya berkemampuan ekonomi tinggi. Sektor industri rumahtangga atau pedagang kecil akan memikul beban tinggi. Dari sektor ini banyak menyerap tenaga kerja dan menghidupkan perekonomian nasional.
Berkaca pada BLT atau beras miskin, pemberian listrik gratis juga tidak mendidik masyarakat berhemat listrik. Lebih baik pelanggan 450 VA, kalaupun naik, besarranya jangan terlalu besar, syukur tetap. Sehingga masyarakat mempunyai tanggung jawab terhadap masa depan listrik, dan dana yang dibayarkan dapat digunakan untuk membangun pembangkit listrik baru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar