Sabtu, 19 Juni 2010

MENGENDALIKAN HARGA PASAR

Setelah TDL ditetapkan, masyarakat tinggal menanti apa dampak lainnya. Yang patut diwaspadai efek kenaikan lebih tinggi pada industri bisa membuat harga kebutuhan masyarakat melonjak.
Oleh karena itu pemerintah perlu memantau perkembangan harga kebutuhan masyarakat di pasar. Agar kenaikan yang terjadi tidak membuat rakyat semakin rendah daya belinya. Salah satunya juga meninjau kebijakan kenaikan listrik bagi industri kecil. Saya setuju dengan usulan, agar ada kebijakan bagi usaha mikro dan menengah. Karena di sektor ini banyak menyerap tenaga kerja. Kalau industri kecil bertambah biaya produksinya, harga jualnya tinggi dan kalah bersaing dengan produk industri besar termasuk produk luar. Dan ujung-ujungnya bisa bangkrut.
Sedang untuk industri besar diharapkan, dampak kenaikan TDL ini terlalu menaikkan harga jualnya. Sehingga rakyat kecil tidak tertipu dan terimbas. Kelihatannya mendapat perlakuan istimewa, tidak dinaikkan TDL-nya. Tetapi harus menanggung beban ekonomi yang dikenakan pada industri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar