Minggu, 27 Juni 2010

MEWASPADAI LSM LIAR

Semakin kritisnya masyarakat atau Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) terutama terkait kebijakan dan transparansi keuangan yang menyangkut kepentingan publik, menunjukkan tingkat kepedulian tinggi terhadap kemajuan pembangunan. Sebuah bentuk pengawasan melekat, agar kebocoran pembangunan seminimal mungkin dicegah. Dengan keberadaan LSM, minimal pelaksana kebijakan pembangunan lebih berhati-hati agar program tercapai dengan baik dan benar.

Kini LSM pun semakin marak berdiri dengan berbagai bentuk dan platform berbeda. Sayang, beberapa diantaranya tidak menjalankan visi dan misi yang berpihak kepada rakyat. Namun, ditengarai ada LSM yang mendompleng dan memanfaatkannya untuk kepentingan pribadi atau golongan.

Untuk itu masyarakat harus waspada dan tidak mudah mempercayai LSM yang pura-pura membantu, tetapi ujung-ujungnya menipu. Forum LSM juga perlu melakukan pembinaan terhadap LSM nakal dan memberi sanksi jika keberadaannya meresahkan. Anggota LSM yang turun ke lapangan juga harus diberi kartu identitas dan surat tugas. Sehingga masyarakat lebih mudah mengenalnya dan tidak mudah terpedaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar